www.saintswithunschurch.org

Berita Kesehatan dan Pengobatan Tradisional Indonesia

Manfaat Alami Mentimun Untuk Kesehatan

Manfaat Alami Mentimun Untuk Kesehatan

Sebagai salah satu jenis sayuran yang sudah sangat populer, khasiat mentimun memang sudah banyak dirasakan oleh masyarakat. Mentimun sekarang tidak hanya digunakan sebagai bahan makanan saja. Tetapi juga telah digunakan dalam berbagai jenis pengobatan serta perawatan kecantikan. Mentimun biasanya ditemukan dalam makanan seperti gado-gado atau lalapan sebagai bahan pelengkap. Mentimun juga sering dibuat menjadi acar pelengkap beberapa menu. Meskipun begitu sebenarnya mentimun bisa juga dikonsumsi dalam bentuk jus yang segar atau menjadi bahan perawatan kulit anda. Sudah pasti murah dan mudah sekali. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dari mentimun.

Mentimun untuk Kesehatan

Sebelum mengetahui khasiat mentimun, kita akan terlebih dahulu membahas mengenai buah sayuran yang satu ini. Mentimun masuk dalam keluarga tanaman yang sama seperti labu dan semangka. Hal ini menjelaskan mengapa mentimun memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Kandungan air yang ada dalam mentimun hingga mencapai 95 persen. Mengkonsumsi mentimun akan membantu tubuh anda agar tetap terhidrasi. Di Indonesia sendiri, mentimun dikonsumsi sebagai bahan makanan yang tidak melalui proses pemanasan, alias dimakan mentah. Jika dimasak kandungan air dalam mentimun jusru kaan hilang. Beberapa kandungan dalam mentimun antara lain air, kalori, protein, lemak, dan karbohidrat.

Selain memiliki kandungan yang sudah disebutkan sebelumnya, mentimun juga memiliki kandungan kalium, magnesium, serta serat. Kandungan-kandungan yang ada tersebut membuat mentimun baik untuk dikonsumsi oleh para penderita darah tinggi maupun rendah. Keseimbangan kalium sangat baik untuk mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Kalium juga bersifat sebagai elektrolit, yaitu muatan positif yang harus dipertahankan dalam kosentrasi tertentu. Khasiat mentimun tidak hanya sampai disitu saja. Sebagai  buah sayuran yang rendah kalori, mentimun cocok sekali bagi anda yang sedang menjalani diet. Satu cangkir mentimun kira-kira hanya mengandung 16 kalori saja. Serat larut yang ada dalam mentimun bertekstur seperti gel dalam usus yang membantu memperlambat pencernaan. Perut pastinya akan terasa kenyang lebih lama ketika mengkonsumsi makanan yang kaya serat, sehingga dapat membantu mengontrol berat badan.

Kandungan air yang banyak pada mentimun sangat baik untuk menjaga asupan air bagi tubuh. Kadar 95% air dalam mentimun lebih baik dibandingkan dengan air biasa. Mengkonsumsi mentimun dapat menghindarkan diri dari dehidrasi yang tentunya akan membantu menetralkan toksin dari dalam tubuh. Tidak hanya dapat menjaga asupan air untuk tubuh, mengkonsumsi mentimun juga dapat melindungi otak. Hal ini berkat kandungan sejumlah zat dalam mentimun yang bernama flavanol. Zat ini memiliki manfaat dalam meningkatkan memori dan melindungi sel-sel saraf dari penurunan fungsi otak yang berkaitan dengan usia. Mentimun juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, menambah lagi khasiat mentimun untuk melawan pertumbuhan gejala kanker dan menurunkan resiko penyakit jantung.

Sumber : www.livescience.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *